MAKALAH NEW
MEDIA
PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA
PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA
Dibuat oleh
Nama :
Muhammad Illham Friansyah
Kelas :
2IA12
NPM :
54416932
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum WR.WB
Alhamdulillah, segala puji bagi
Allah SWT Tuhan semesta alam yang melimpahkan rahmatnya kepada kita serta
sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang
telah menunjukkan kita pada jalan kebenaran yakni agama Islam. Makalah yang
berjudul “new media” ini merupakan
sebuah tugas untuk memenuhi tugas mata kuliah. Yang mana dengan tugas ini
beliau dapat mengetahui seberapa besar kemampuan para mahasiswa dalam memahami
mata kuliah yang beliau ajarkan. Agar kami lebih mudah dalam menulis makalah
ini, kami berusaha semaksimal mungkin mencari beberapa referensi baik dari buku
maupun internet serta mempelajarinya untuk mempermudah dalam penyelesaian
makalah ini.
Kami harap makalah ini dapat
mengganti semua kekurangan kami saat kuliah dan juga dapat menambah pengetahuan
kami walaupun hanya sedikit karena memang itulah batas kemampuan kami. Selain
itu kami harap makalah ini juga bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan
belajar kita tentang metode penelitian kuantitatif. Kritik dan saran sangat
diharapkan oleh penulis untuk mengetahui kekurangan dari makalah ini karena
penulis masih dalam taraf belajar dan bukanlah manusia yang sempurna.
Wassalamualaikum Salam WR.WB
Jakarta, 20 Oktober 2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Media bukanlah sesuatu yang asing lagi di era ini, namun
media juga masih tetap menjadi bagian sentral dalam suatau perkomunikasian, new
media adalah media yang masih baru atau lagi marak-maraknya di gunakan oleh
tiap individu yang selalu melakukan perkomunikasian, semakin canggih media yang
digunakan akan semakin membutan setiap orang lebih bersemangat dalam
berkomunikasi dalam bentu verba atau non verbal.
Semisal new media yang berkembang pada abad ini adalah
internet yang yang menurut beberapa orang adalah sesuatu yang ajaib, namun apa
sebetulnya yang dicari dari media baru tersebut? Sampai kapan media ini dapat
bertahan dan di gunakan dengan semestinya? Dari sinilah pemakalah kemudian
membuat bebrapa rumusan masalah yang semoga dapat membantu para pembaca untuk
lebih mengetahui new media.
2.
Rumusan
Masalah
·
Bagaimana pengertian new media menurut para ahli ?
·
Bagaimana perkembagangan media dari masa ke masa ?
·
Apa saja kekurangan dan kelebihan dari new media yang
ada ?
·
Apa prediksi new media yang akan datang ?
·
Bagaimana sejarah singkat internet ?
·
Apa pengertian dan manfaat internet ?
·
Bagaimana penerapan internet dengan new media ?
·
Apa kelebihan atau keuntungan penerapan internet dan new
media ?
·
Apa kekurangan atau kerugian penerapan internet dan new
media dan bagaimana cara mengantisipasinya ?
3.
Tujuan
1. Untuk
lebih bisa memahami definisi new media.
2. Untuk
mengetahui sejarah dari new media.
3. Untuk
memahami internet sebagai bentuk new media pada abad 21
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian New
Media
Apa itu New
media ? New media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti
baru dan Media yang berarti perantara. Jadi New media bisa dikatakan sebagai
sarana perantara yang baru. Baru yang dimaksud disini dilihat dari segi waktu,
manfaat, produksi, dan distribusinya. Namun "New media" yang dimaksud
disini merupakan suatu istilah untuk sesuatu yang mencakup kemunculan digital,
komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Adapun
pengertian lainnya, New media adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan
konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta
terhubung ke dalam jaringan. yaa jadi secara umum, New media itu dapat
disimpulkan sebagai istilah yang menggambarkan tentang suatu bentuk teknologi
yang berbentuk digital dan internet, dengan konsep meninggalkan teknologi kuno
yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi dan tidak ramah lingkungan.
Menurut Ron
Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan
komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi
penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi
yang diinginkan.
Sementara
menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi
terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelit meningkatkan penggunaan
jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang
semakin meningkat.
Kesimpulan
yang saya tarik dari kedua pendapat tersebut, new media / media baru adalah
tekonologi komunikasi terdesentralisasi yang melibatkan komputer di dalamnya
dan pesannya didistribusikan lewat satelit.
2. Perkembagangan
Media dari Masa ke Masa
1. Era Surat
Kabar
Cikal bakal
jurnalistik dianggap lahir pada tahun
1405-1367 SM, ketika Kaisar Amenhotep III (kaisar Mesir) mengutus
ratusan wartawan membawa surat berisi informasi untuk dibagikan ke seluruh pejabat
disemua provinsi. Namun surat kabar
pertama di dunia yaitu “Acta Diuma” terbit pada tahun 59 SM di Roma, pada zaman
Julius Caesar. Surat kabar tersebut berisi kebijakan – kebijakan kaisar,
pengumuman resmi, dan informasi penting lainnya. Pada masa itu surat kabar
tersebut masih berupa tulisan yang diukir pada logam atau batu.
Surat kabar
pertama di dunia yang di cetak adalah “Relation”. Surat kabar ini diterbitkan
pada tahun 1605 oleh Johan Carolus di Jerman dan menggunakan bahasa Latin.
Surat kabar pertama kali muncul di Eropa pada abad ke-17. Oxford Gazzete
(London Gazzete) merupakan surat kabar dalam bahasa Inggris pertama yang
diterbitkan secara berkala, pada tahun 1665. Dan pada tahun 1702 terbit ‘Daily
Courant” yang merupakan koran harian pertama di Inggris.
Di Indonesia
sendiri surat kabar telah terbit di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda
pada tahun 1587 – 1629, Jan Pieterszoon Coen memprakarsai penerbitan newsletter
“Memorie der Nouvelles” yang berisi berita - berita dari Belanda yang dibawa ke
Indonesia. Surat kabar tersebut mengunakan tulisan tangan dan disebarkan hanya
pada orang - orang penting di Jakarta. Surat kabar modern pertama yang terbit
di Indonesia (dulu Hindia Belanda) adalah “Bataviasche Nouvelles en Politique”.
Surat kabar tersebut menggunakan bahasa belanda dan lebih banyak menampilkan
iklan untuk kepentingan komersial pemerintahan Belanda. Koran Pribumi, yang
menggunakan bahasa Melayu baru muncul pada tahun 1850an. Surat kabar
“Bromartani” yang berbahasa Jawa terbit di Solo pada tahun 1855. Pada tahun
1943 terbit “Medan Prijanji” yang berbahasa melayu dan berisi gambaran situasi
politik serta interpretasinya dari sudut pandang nasionalisme.
2. Era Majalah
Majalah
hadir untuk melengkapi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh surat kabar.
Berbeda dengan surat kabar harian, majalah diterbitkan secara berkala, baik
bulanan maupun mingguan. Majalah pertama di dunia adalah “The Gentleman’s
Magazine” yang terbit pada tahun 1731 di London. Editor majalah ini adalah Edward
Chen yang menggunakan nama pena “Sylvanus Urban”. Pada awalnya majalah berisi
tentang humor, karya fiksi, atau essay mengenai politik, sastra, music, atau
topik menarik lainnya yang sifatnya lebih ringan daripada surat kabar.
Di
Indonesia sebenarnya majalah sudah mulai terbit sejak zaman penjajahan, namun
tidak bertahan lama. Pada Tahun 1014 terbit majalah “De’Craine”, lalu tahun 1939
terbit majalah “Perintis” yang beredar dikalangan supir. Pada masa kemerdekaan,
di tahun 1945, di Jakarta terbit majalah “Panja Raya” dibawah pimpinan Markoem
Djojohadisoeparto.
3. Era Radio
Stasiun
radio pertama mulai beroperasi tahun 1920, yaitu stasiun radio KDKA di Pittsburgh.
Pada awalnya radio digunakan oleh maritim untuk mengirimkan pesan dalam
bentuk kode morse dari kapal ke darat,
atau sebaliknya. Radio sebagai media masa populer digunakan pada Perang Dunia
II dan setelahnya. Hal ini dikarenakan radio dapat menyebarkan informasi
tentang perang lebih cepat dari pada surat kabar.
Radio pada
awalnya bekerja dengan prinsip modulasi amplitude (AM), namun gelombang radio
yang ditransmisikan menggunakan modulasi amplitude rentan akan gangguan cuaca. Pada tahun 1933 ditemukan
sistem modulasi frekuensi (FM) yng menghasilkan suara lebih jernih dan tidak
terganggu cuaca buruk. Hingga saat ini,
sebagian besar statsiun radio analog menggunakan sistem FM.
Di
Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI) didirikan pada tanggal 11 September
1945. Sebulan setelah dihentikannya siaran radio Hoso Kyoku. RRI digunakan
sebagai alat komunikasi antara pemeritahan RI dengan rakyat. Meski kalah oleh
hadirnya televisi, radio masih tetap bertahan. Dan sekarang setelah muncul
internet, radio berevolusi menjadi radio digital (online), yang disiarkan
dengan cara mentransmisikan gelombang suara lewat internet (streaming).
4. Era
Televisi
Televisi
mulai dikembangkan sejak tahun 1920-an, namun baru mulain populer dan dimiliki
banyak pengguna sejak tahun 1940-an setelah perangd dunia ke-2 berakhir. Pada
masa itu televisi telah menampilkan gambar dan suara, tapi masih hitam putih.
Siaran TV berwarna mulai marak sejak tahun 1967an. Hingga saat ini teknologi
televisi semakin berkembang, televisi berukuran lebih tipis, ringan, namun
dengan kualitas gambar yang sangat jernih dan halus.
Berdasarkan
penelitian pada tahun 1994, 98% keluarga di Amerika memiliki sebuah televisi.
Di Indonesia juga berlaku hal yang sama, saat ini hampir semua keluarga di
Indonesia memiliki televisi di rumahnya. Tayangan yang disiarkan televisi
beragam, mulai dari film, sinetron, acara musik, dan terutama siaran berita.
Baik berupa berita politik, atau kejadian yang terjadi di sekitar.
Dengan
berkembangnya internet, peran televisi semakin tergeser. Sebab berbeda dengan
televisi yang menyajikan berita sesuai program, dan tidak dapat diulang. Internet
dapat menyajikan berita atau informasi apapun sesuai dengan yang pengguna cari,
dan dapat diulang sebanyak apapun selama konten tersebut masih tersimpan. Namun
beberapa stasiun televisi telah berinovasi dengan menyediakan siaran televisi
secara online.
5. Era
Internet
Internet
pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk
kepentingan militer. Proyek tersebut bernama ARPANET (Advanced Research
Projects Agency Network). Pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah dapat
dihubungkan dan saling berkomunikasi. Pada tahun 1980an telah lebih dari 100
komputer yang dapat bergabung dengan ARPANET dan membentuk jaringan.
Pada tahun
1990, Tim Bernes Lee menemukan program
yang diberi nama World Wide Web disingkat www. Sebuah program editor dan
browser yang bisa menjelajah antara komputer yang satu dengan komputer yang
lain, dan menciptakan jaringan. Tahun 1994, situs internet tumbuh dan
berkembang semakin banyak mencapai 3000 alamat, muncul pula e-retail (belanja
online). Pada abah ke-20 internet telah digunakan secara luas, dan
menghubungkan seluruh dunia.
3. Kekurangan
dan Kelebihan dari New Media yang Ada
Berikut
beberapa contoh new media yang ada pada saat ini :
1. TWITTER
Pengertian
twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter
Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan
penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kelebihan
twitter :
1. Walaupun
terbilang baru namun mampu menyita banyak member walaupun tak sebanyak
facebook.
2. Banyak
artis yang sering menggunakan twitter daripada facebook sehingga memancing
fansnya juga memakai twitter.
3. Dalam
twitter jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu
disetujui oleh orang yang kita 'follow', jika di facebook harus menunggu
konfirmasi dari orang yang di add.
4. Dapat lebih
mudah mengganti status dengan sekali tombol 'tweet'.
5. Kita dapat
mengubah gambar layout. Layout dapat berupa gambar default yang disediakan oleh
twitter maupun foto kita sendiri, jadi akan tampak lebih cantik.
Kekurangan
twitter :
1. Karekter
yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 180 karakter,
jauh sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
2. Penggunaan
twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus
menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak
simbol yang lainnya.
3. Dalam
twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat
sedikit.
4. Foto profil
sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto layaknya dalam facebook.
5. Biodata
pribadi juga sangat sedikit dibanding facebook yang menampung biodata yang
cukup kompleks.
2. YOUTUBE
YouTube
adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para
pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video - video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video
buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video - video di YouTube
adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web.
Kelebihan
youtube :
1. Bisa
melihat dan mengupload video yang kita suka
2. Sebagai
ajang promosi diri
3. Bisa
mendownload setiap video
4. Bisa
belajar streaming, banyak video bermanfaat
5. Ukurannya
ada yang HD, bisa di download
6. Videonya
banyak
Kekurangan
youtube :
1. Bisa
disalahgunakan penggunanya
2. Banyak
informasi yang menyesatkan
3. Banyak
negara yang memblok Youtube
4. Karena
terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi
yang terupload
5. Gambarnya
tersendat - sendat
6. Banyak
video dengan kualitas buruk
3. FACEBOOK
Facebook
adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan
diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat
menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan
dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan
pengguna lainnya.
Kelebihan
facebook :
1. Membantu
kita untuk mendapatkan teman.
2. Bagi yang
mempunyai bisnis facebook ini bisa membantu untuk mempromosikan bisnis kita.
3. Kalau kita
mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan
saudara jauh.
4. Bisa
memberikan informasi yang tidak kita ketahui kepada kita.
Kekurangan
facebook :
1. Bisa
membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
2. Memberikan
kesempatan bagi para orang - orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan
berbagai tindakan kejahatan.
3. Membuat
kita menjadi boros karena kita membeli pulsa dan ke warnet terus.
4. Prediksi New Media yang akan Datang
Dalam hal penyampaian ke audiens,
distribusi konten yang mangkus, dan membangun pengikut merek anda, media sosial
memberikan banyak peluang. Media sosial adalah tempat audiens hidup dan
berinteraksi dengan konten anda, yang menjadikannya platform yang sangat
sesuai. Analitik yang terintegrasi membantu anda menelusuri serta meningkatkan
upaya seiring waktu. Menjelang tahun 2018, tak ada salahnya mempersiapkan
strategi sosial dari sekarang untuk mengikuti tren yang ada. Inc memberikan
enam tren media sosial yang diprediksi akan menyertai media sosial tahun depan.
1. Analitik sosial yang lebih menyeluruh memberi lebih banyak
peluang untuk personalisasi konten.
Tak seorang pun menyukai konten
yang tidak relevan untuk kebutuhannya. Ini semakin benar apabila berinteraksi
dengan merk yang anda ketahui dan cintai, hal terakhir yang anda mau adalah
konten generik yang tidak memberikan sesuatu yang unik kepada anda. Faktanya,
ada tiga dari empat orang yang frustrasi saat mendapat konten yang tidak
relevan.
Personalisasi yang ditingkatkan
bagi audiens adalah tren mayoritas di pemasaran konten, yang sampai juga ke
media sosial. Dengan berevolusinya platform sosial, alat analitiknya dan fitur
untuk bisnis akan semakin detil dan berharga bagi sebuah merk. Data seperti ini
berarti pemasar akan lebih punya pemahaman yang dibutuhkan untuk membuat konten
yang dipersonalisasi dengan lebih baik.
2. Fitur platform yang tumpang tindih berarti harus lebih
selektif.
Baik Snapchat dan Instagram sama - sama
punya fitur video dan konten visual berwaktu, sehingga poin utama dari
diferensiasi bertumpu pada audiens dan jangkauannya. Instagram Story mempunyai
jangkauan lebih luas dan mendapat banyak pelibatan; sekitar 10 persen pengikut
selebgram membuka Story setiap hari, yang lebih baik dari Snapchat. Snapchat di sisi lain terus mendominasi
kelompok usia remaja.
Dengan lebih banyaknya platform
terus menawarkan fitur yang mirip bahkan sama, merk dan pemasar harus lebih
selektif terhadap yang mereka pilih. Gunakan keunggulan analitik dan fitur
pelaporan untuk mengidentifikasi platform yang memberikan keuntungan terbaik.
3. Penyimakan sosial akan memberikan merk sebuah keunggulan
dalam pesan daring.
Ketimbang sekadar menelusuri konten
seperti apa yang dibuat oleh pesaing atau apa yang mereka bagikan di media
sosial anda sebaiknya juga memonitor penyebutan terhadap mereka serta apa yang
dikatakan orang - orang; dan menggunakannya sebagai metrik untuk membandingkan
kinerja anda.
“Menggunakan pemonitoran situs, anda dapat mengumpulkan
sejumlah besar data terkait perusahaan anda maupun pesaing - pesaingnya yang
bisa dimanfaatkan untuk strategi pemasaran. Di Brand24, penelitian kami
menunjukkan bahwa dalam sebulan, sekitar 14.000 pencarian daring dimulai dengan
‘Can anyone recommend?’ dan sekitar 30.000 pencarian diawali dengan ‘Where can
I buy?’ Sekitar 60 persen pertanyaan tersebut tidak mendapatkan balasan dari
perusahaan; yang merupakan peluang besar,” kata Magdalena Urbaniak, manajer
komunikasi global di Brand24.
Urbaniak menambahkan bahwa
mengawasi penyebutan sosial ini dapat menunjukkan apa yang disukai dan tidak
disukai audiens, yang dapat menjadi ide peningkatan merk. Melibatkan diri dalam
penyimakan sosial dapat memberi informasi berharga terkait kinerja pesaing anda
dan audiens anda yang dipakai untuk strategi konten anda.
4. Video akan semakin mendapat tempat dalam strategi konten
sosial
Semua orang tahu bahwa konten video
adalah populer dan dengan demikian penting bagi sebuah merk. Dan dengan terus
diperbaharuinya algoritma sosial, video akan semakin berharga untuk menciptakan
pelibatan dan mendapatkan pengikut. Pada kenyataannya, berdasarkan pengalaman
Influence & Co, video di Facebook mendapatkan pelibatan yang lebih tinggi,
ada lebih banyak orang yang berkomentar dan mengirimkan ‘like’ serta membagikan
kembali.
Fitur pelaporan Facebook juga
menolong anda mengetahui bagaimana kinerja sebuah video dibandingkan dengan
kiriman yang lainnya. Fitur Story di Instagram maupun Snapchat juga memberikan
peluang yang lebih baik bagi sebuah merk untuk membuat konten video dan
membagikannya dengan cepat kepada para pengikut. Jelas sekali video menjadi
semakin penting. Memiliki kemampuan untuk membuat konten tersebut serta
strategi yang terkait dengannya untuk konten tertulis diblog dan publikasi
lainnya, akan sangat penting bagi merek ditahun 2018.
5. Facebook menjadi semakin mobile
Tahun 2020, diprediksi sekitar 59
persen pengguna Facebook di Amerika mengaksesnya hanya lewat ponsel dan 80
persen pendapatan iklan perusahaan datang dari iklan mobile. Facebook adalah
salah satu platform media sosial terakhir yang tidak didesain sedari awal untuk
hadir dimobile. Meninjau aplikasi populer seperti Instagram dan Snapchat, dapat
dilihat tren berupa aplikasi sosial khusus atau (kebanyakan di mobile). Optimisasi
mobile telah menjadi andalan pemasar yang melek teknologi untuk beberapa saat, namun
dengan Facebook semakin didominasi oleh mobile, merek - merek tak akan lagi
punya alasan untuk menciptakan konten yang dioptimalisasi bagi mobile.
6. Chatbot akan membuat layanan konsumen lebih cepat dan
mudah.
Koneksi instan akses internet yang
tersebar luas telah mengondisikan kita untuk menginginkan barang secepatnya
sampai di tangan. Hal ini menyebabkan banyak bisnis melakukan salah satu dari
dua hal: merespon terlalu cepat yang membuat terjadi kesalahan dan kualitas
jasa yang jelek.
Di sinilah peran chatbot dibutuhkan
khususnya lewat Facebook Messenger. Chatbot memberikan peluang untuk
berinteraksi secara cepat dengan audiens lewat cara yang hangat, anda dapat
mengostumisasi suara merek anda dan mengirimkan konten kepadanya secara
langsung. Mungkin itulah alasan ada sekitar 100.000 bot aktif setiap bulan di
Facebook Messenger dan sekitar 2 milyar pesan berseliweran tiap bulan
(kumparan.com/jejaktekno).
5. Sejarah Singkat
Internet
Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana
dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu
adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika
Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang
tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah - daerah vital untuk mengatasi
masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya
menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada
bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah,
dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat
ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah
manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan
"ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non - militer
seperti, universitas - universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal
dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
6. Pengertian dan
Manfaat Internet
Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari
Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang
lainnya dalam sebuah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet
menghubungkan komputer dan jaringan - jaringan komputer yang berada di seluruh
dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang
terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di
internet secara gratis.
Internet merupakan dunia tanpa
batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama diinternet. Oleh sebab itu,
internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada
peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas - batas
wilayah teritorial negara tertentu.
Internet merupakan salah satu
pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas - batas dunia.
Internet memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan di komputer di
belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang
berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas - batas negara, waktu,
jarak, dan hukum atau biokrasi suatu negara.
Manfaat Internet
Tingginya mobilitas penggunaan
internet menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang
berpergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang
berjalan, sehingga dikembangkannya jaringan tanpa kabel (wireless). Berikut
manfaat internet secara umum :
a. Mencari informasi (hosting) dan
research di internet
Hosting dilakukan seseorang untuk mencari
berita, referensi, maupun bacaan. Dengan hosting, pengguna dapat memperoleh
informasi yang banyak. Bahkan, pengguna internet sering mengupload hasil
penelitian, penulisan, dan karya terbarunya ke internet agar dapat diakses oleh
pengguna lain.
b. Berkirim surat (e-mail)
E-mail merupakan suatu kegiatan
berkirim surat melalui media internet. E-mail (Electronic mail) sudah banyak
digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirimkan surat
secara langsung dan penerima surat yang letaknya berjauhan juga dapat secara
langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya sedang online.
c. Berbelanja online (e-commerce)
E-commerce (Electronic commerce)
adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi,
terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada
jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Ada banyak
bentuk perdagangan secara elektronik yang banyak dilakukan saat ini. Misalnya,
internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya.
Di Indonesia telah disediakan beberapa website khusus sebagai website untuk
penjualan barang - barang seperti glodokshop.com, apotikonline.com,
tokobagus.com, zalora.com, dan lain - lain.
d. Internet banking
Internet banking atau electronic
banking (e-banking), cyber banking, virtual banking, home banking, maupun
online banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor,
atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Manfaat adanya internet
banking bagi nasabah, yaitu nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan
transaksi perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan
di mana saja (asalkan tersedia fasilitas internet). Sedangkan bagi pihak bank,
internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Di
Indonesia bank - bank yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain
Bank BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.
e. Belajar jarak jauh (e-learning)
E-learning atau sering disebut juga
dengan e-education adalah kegiatan belajar pada tempat yang saling berjauhan
dengan menggunakan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan sebagainya. Di
Indonesia yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya Universitas
Terbuka. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga
memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one
communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many
communication). Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi
dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet akan membuat
proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh pun
akan menjadi lebih maksimal.
f. Mengobrol (chatting)
Chatting adalah kegiatan atau pola
bicara di internet. Jika telepon menggunakan bunyi untuk berkomunikasi,
sedangkan chatting diinternet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan
fasilitas lainnya, dalam internet menawarkan kemudahan, kecepatan, dan biaya
yang murah.
7. Penerapan Internet
dengan New Media
New Media merupakan sarana perantara yang baru, dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat diartikan sebagai media-media baru yang hadir sejak perkembangan teknologi di akhir abad ke-20. Contoh komponen perangkat new media saat ini yaitu, seperti: handphone/smartphone, laptop, tablet, serta perangkat digital lainnya. Dalam penerapannya, New Media sangat berhubungan dengan internet yang juga merupakan komponen utama New Media. Contoh penerapan New Media ke dalam internet yaitu, sebagai berikut:
1. Jejaring
Sosial
Jejaring sosial merupakan penerapan New Media ke dalam
internet yang banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan jejaring sosial,
kita dapat melakukan berbagai hal. Seperti berkomunikasi, berbisnis, dan
sebagainya. Contoh jejaring sosial New Media, yaitu: Facebook, Twitter,
Instagram, Path, dan lain sebagainya.
2. Aplikasi
Chatting atau Messenger
Selain jejaring sosial, kegiatan saling mengirim pesan
singkat secara langsung juga sangat popular dalam perkembangan New Media.
Banyak aplikasi chatting atau messenger berbasis internet yang digunakan
masyarakat. Aplikasi tersebut memudahkan dalam berkomunikasi secara cepat
dengan berbagai fitur menarik. Kita tidak hanya dapat mengirim pesan teks, tapi
juga dapat mengirim gambar, file, video, bahkan saling bertatap muka dengan
fitur video call. Contoh aplikasi chatting atau messenger, yaitu: BBM
(blackberry messenger), WhatsApp, Line, KakaoTalk Messenger, WeChat, dan
sebagainya.
3. Video
Conference
Dengan menggunakan video conference, kita dapat berkomunikasi
secara real time dengan bertatap muka dengan dua orang atau lebih. Contoh
aplikasi video conference, yaitu: Skype, ooVoo, dan lain-lain.
4. Hiburan
Selain berkomunikasi, New Media juga sangat berpengaruh dalam
perkembangan dunia hiburan. Seperti dalam dunia musik dan permainan. Contohnya
yaitu: berbagai permainan online di internet, aplikasi games atau permainan
untuk smartphone, Youtube, dan berbagai aplikasi pemutar musik atau music
player.
5. Pendidikan
dan Edukasi
Penerapan New Media ke dalam internet juga mempengaruhi dunia
pendidikan. Dengan adanya internet, proses pembelajaran menjadi lebih mudah.
Contohnya, yaitu: E-Book atau buku digital, berbagai video pembelajaran, materi
pembelajaran di internet, dan berbagai situs tanya jawab seputar pendidikan di
internet.
8. Kelebihan atau Keuntungan Penerapan Internet dan New Media
Zaman sekarang, bagi sebagian besar
masyarakat handphone adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bahkan sangat
diperlukan. Karena semakin berkembangnya teknologi handphone tidak hanya
digunakan untuk media komunikasi saja seperti sms atau telepon saja. Sekarang
banyak handphone yang menyediakan fitur - fitur untuk browsing, chatting dan
lain - lain. New Media merupakan perkembangan baru dari media - media yang
telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu
memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Berikut
beberapa kelebihan new media :
1. Bidang
Pendidikan
Dalam bidang ini, tentunya manfaat new media sangat besar,
dan dirasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Para pelajar atau
mahasiswa seperti saya bisa mencari bahan bahan materi yang diperlukan oleh
mereka, jadi kita dapat mengurangi biaya dalam membeli buku, karena kita bisa
men-download suatu buku digital yang isinya adalah bahan - bahan materi yang
kita perlukan, dan filenya bisa kita simpan dalam direktori yang ada dalam
laptop ataupun notebook, jadi lebih simple dan praktis, tinggal membawa laptop
atau notebook kita jika diperlukan tanpa harus keberatan membawa buku yang
banyak.
2. Bidang
Kesehatan
Dalam bidang ini banyak sekali manfaat yang di rasakan
langsung oleh orang yang sedang sakit, atau orang yang ingin mencari sesuatu
bahan alami untuk menjaga kesehatan. Biasanya orang mengakses website yang
isinya adalah resep obat yang tradisional.
3. Bidang
Pencarian Kerja
Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang –
orang yang ingin mencari pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa mengetahui
lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat
perusahaan. Karena biasanya setiap instansi / perusahaan memiliki website ,
jadi kita cukup melihat website dari instansi itu. Melalui New Media juga para
pelamar kerja bisa mendaftar lewat online.
4. Bidang Jual Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang –
orang, manfaatnya dapat dirasakan pembeIi cukup melihat gambar / photo barang
lalu melihat kode barang dan membuat pesan di website tersebut yang isinya
adalah nama, no rek, kode barang dan kode pos, jadi tidak perlu datang ke toko –
toko yang menjual barang tersebut. Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan
menggunakan ATM / ebanking, dll. Lalu manfaat yang dirasakan oleh penjual
adalah dia dapet menjual barang ke manapun. Dan pengiriman barangpun dapat menggunakan
jasa pengiriman barang seperti JNE, Kantor Pos, Dll. Namun terkadang kualitas
barang yang dijual tidak sebagus barang yang ada digambar / foto, dan bagi anda
yang ingin membeli barang via Internet juga harus waspada akan penipuan. Di
sini ada juga forum jual beli yang lumayan banyak diakses orang yaitu kaskus.
5. Bidang
Sosial
Bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang - orang,
karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan kegiatan
sosial, salah satunya Facebook, Friendster, Twitter, My Space, Yahoo
Messangger, Yahoo dan lainnya. Melalui website tersebut kita dapat
bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun, di website kita juga
dapat mengirim foto, video, dll.
9. Kekurangan atau
Kerugian Penerapan Internet dan New Media dan Bagaimana Cara Mengantisipasinya
Pada zaman modern ini kebutuhan akan internet memang sudah hampir tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari karena di internet kita hapir 100% bisa menemukan segala informasi yang dibutuhkan. Meskipun internet mempunyai banyak manfaat, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang di timbulkan oleh internet. Perhatikanlah dampak negatif internet dan cara menanggulanginya :
1. Penipuan
Sekarang ini sedang ramai - ramainya transaksi online di
internet, oleh karna itu banyak tangan - tangan jail yang hanya menyalahgunakan
transaksi online ini. Diantaranya mereka biasa menggunakan transaksi online ini
untuk penipuan, untuk itu kalau kita bertransaksi online di internet kita harus
pastikan dulu orang yang menjual atau menawarkan barang tersebut. Sebelum kita
memesan, kita harus menghubungi atau menanyakan tentang keamanan atau kepastian
transaksi tersebut.
2. Perjudian
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya internet
sangat menguntungkan bagi pelaku perjudian. Terutama yang dari sering lihat
banyak perjudian yang marak diinternet terutama perjudian dibidang sepak bola.
Kita harus belajar dari lagu Roma Irama bahwa "kalaupun kamu menang itu
adalah awal dari kekalahan, dan kalaupun kamu kaya itu adalah awal dari
kemiskinan. Maka dari itu kita seharusnya tidak mendekati dengan perbuatan yang
namanya judi.
3. Mengabaikan
kehidupan Sosial
Dengan banyaknya situ sosial media di internet sering kali membuat
banyak orang Mengabaikan kehidupan sosialnya, Kurangnya karakter sosial manusia
dikarenakan mereka condong lebih senang berkomunikasi melalui internet dari
pada bersua secara langsung atau “face to face”. Dari perubahan karakter sosial
bisa mengakibatkan pergantian pola didalam masyarakat untuk berinteraksi. Untuk
itulah jika anda seorang yang tidak bisa lepas dari sosmed, sebisa mungkin
luangkan waktu untuk sekedar berbincang atau bercakap - cakap dengan masyarakat
sekitar.
4. Kecanduan
Internet
Internet pun bisa menyebabkan ketergantungan hingga lupa
waktu dalam kehidupannya. Contohnya jika seseorang sudah kecanduan social media
ataupun game online, apabila sehari saja tidak menggunakan internet pasti
mereka merasa ada yang kurang dalam kehidupan mereka. Maka dari itu jika kita
harusnya menggunakan internet secukupnya saja jangan terlalu menggantungkan
hidup anda ke internet karna itu bisa sangat berbahaya bagi kehidupan atau mungkin
kesehatan anda. Saran saya Kita harus bijak dalam menggunakan Internet.
5. Pornografi
Menurut Departemen Kehakiman AS, distribusi pornografi anak
hampir sepenuhnya dibasmi pada pertengahan 1980-an. Tapi penciptaan dan
keberhasilan internet telah membalikkan posisi ini. Saat ini, pornografi anak
adalah industri multi-miliar dolar dan, menurut Pusat Nasional untuk Anak
Hilang dan Tereksploitasi, merupakan salah satu industri internet paling cepat
berkembang. Bahkan, NCMEC mengklaim bahwa
20% dari semua pornografi di internet melibatkan anak - anak. Kemudahan
relatif mentransfer gambar dengan kamera digital kemampuan untuk berkomunikasi
secara anonim dan pembayaran online yang kian mudah semudah mendistribusikannya
ke massa menyebabkan pornografi anak menjadi proporsi besar yang hampir tak
terbendung.
Cara menanggulangi dampak negatifnya :
1. Peran orang
tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan. Kondisikan bahwa masuk ke situs
negatif (konten porno/kekerasan) itu sesuatu yang tabu, sehingga penggunaan
komputer harus terbuka dan orang tua harus bisa melihat.
2. Letakkan
komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum sehingga
dapat terus dipantau kegiatan anak saat mengakses internet (sebaiknya tidak di
kamar tidur anak) .
3. Tentukan
waktu online bersama. Orang tua dan anak bersama - sama duduk di komputer,
berdiskusi tentang berbagai informasi dari internet.
4. Pembatasan
waktu browsing. Biasakan anak untuk disiplin mematuhi batasan waktu menggunakan
internet. Hindari anak duduk didepan komputer hingga larut malam.
5. Komunikasikan
manfaat positif maupun negatif internet kepada anak secara gamblang. Jelaskan,
internet adalah media informasi yang paling praktis serta tak terbatas. Namun,
ada beberapa pihak yang memanfaatkan internet untuk maksud yang tidak baik.
6. Berikan
tips praktis untuk menghindari pihak - pihak yang ingin mengambil keuntungan
sepihak dari pengguna internet. Misalnya, dengan tidak memberi data pribadi,
tidak memberikan nomor telepon dan alamat serta tidak memberikan foto pada
siapapun yang tidak dikenal.
7. Menggunakan
internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan
efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet, termasuk
dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis
informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda.
8. Jika anak
memperlihatkan tingkah laku tak wajar, segera diskusikan dengan mereka. Cari
tahu, apakah internet menjadi penyebabnya.
9. Tekankan
pada anak bahwa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya tak kalah
pentingnya dengan berinternet ria sepanjang hari.
10. Jika anak
anda mulai terlihat kecanduan internet atau game, segera diskusikan dengan
ahli. Mereka tahu betul bagaimana menjadikan hidup anak anda tak hanya
dihabiskan di depan computer.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
New Media adalah istilah yang
dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan
teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar
teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali
memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, interaktif
dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer
multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi,
film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.
New Media sendiri adalah istilah
yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media
tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan
kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer
memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet.
Saran
Berdasarkan isi
dari makalah ini, penulis hanya sedikit memberikan saran, yaitu agar selalu
belajar dan lebih memahami dunia digital yang berubah – ubah. Bagi generasi
penerus, setidaknya harus bisa lagi memanfaatkan teknologi new media, dan terus
belajar agar terciptanya inovasi – inovasi yang memberikan manfaat positif bagi
kehidupan manusia.
DAFTAR PUSTAKA
http://auliarrizdaa.blogspot.co.id/
https://kumparan.com/jejaktekno/6-prediksi-tren-media-sosial-2018
http://kriboanker.blogspot.co.id/2011/11/new-media.html
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2014/10/new-media-media-baru.html
https://pakarkomunikasi.com/sejarah-media-massa
https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://pengetahuanwawasanz.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-dan-manfaat-internet.html
https://rianitagiovanni.wordpress.com/2015/10/08/penerapan-new-media-ke-dalam-internet/
https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-manfaat-new-media/
https://tasik-cyber.blogspot.co.id/2014/09/dampak-negatif-internet-dan-cara-menanggulanginya.html
http://www.caramenghilangkanjerawat.co.id/2014/11/contoh-makalah-pemanfaatan-new-media.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar