Minggu, 22 Oktober 2017

MAKALAH NEW MEDIA
PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA



Dibuat oleh
Nama : Muhammad Illham Friansyah
Kelas : 2IA12
NPM : 54416932

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA

2016

KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum WR.WB
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam yang melimpahkan rahmatnya kepada kita serta sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita pada jalan kebenaran yakni agama Islam. Makalah yang berjudul “new media”  ini merupakan sebuah tugas untuk memenuhi tugas mata kuliah. Yang mana dengan tugas ini beliau dapat mengetahui seberapa besar kemampuan para mahasiswa dalam memahami mata kuliah yang beliau ajarkan. Agar kami lebih mudah dalam menulis makalah ini, kami berusaha semaksimal mungkin mencari beberapa referensi baik dari buku maupun internet serta mempelajarinya untuk mempermudah dalam penyelesaian makalah ini.
Kami harap makalah ini dapat mengganti semua kekurangan kami saat kuliah dan juga dapat menambah pengetahuan kami walaupun hanya sedikit karena memang itulah batas kemampuan kami. Selain itu kami harap makalah ini juga bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan belajar kita tentang metode penelitian kuantitatif. Kritik dan saran sangat diharapkan oleh penulis untuk mengetahui kekurangan dari makalah ini karena penulis masih dalam taraf belajar dan bukanlah manusia yang sempurna.
Wassalamualaikum Salam WR.WB
Jakarta, 20 Oktober 2017












BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Media bukanlah sesuatu yang asing lagi di era ini, namun media juga masih tetap menjadi bagian sentral dalam suatau perkomunikasian, new media adalah media yang masih baru atau lagi marak-maraknya di gunakan oleh tiap individu yang selalu melakukan perkomunikasian, semakin canggih media yang digunakan akan semakin membutan setiap orang lebih bersemangat dalam berkomunikasi dalam bentu verba atau non verbal.
Semisal new media yang berkembang pada abad ini adalah internet yang yang menurut beberapa orang adalah sesuatu yang ajaib, namun apa sebetulnya yang dicari dari media baru tersebut? Sampai kapan media ini dapat bertahan dan di gunakan dengan semestinya? Dari sinilah pemakalah kemudian membuat bebrapa rumusan masalah yang semoga dapat membantu para pembaca untuk lebih mengetahui new media.
2.      Rumusan Masalah
·         Bagaimana pengertian new media menurut para ahli ?
·         Bagaimana perkembagangan media dari masa ke masa ?
·         Apa saja kekurangan dan kelebihan dari new media yang ada ?
·         Apa prediksi new media yang akan datang ?
·         Bagaimana sejarah singkat internet ?
·         Apa pengertian dan manfaat internet ?
·         Bagaimana penerapan internet dengan new media ?
·         Apa kelebihan atau keuntungan penerapan internet dan new media ?
·         Apa kekurangan atau kerugian penerapan internet dan new media dan bagaimana cara mengantisipasinya ?

3.      Tujuan
1.      Untuk lebih bisa memahami definisi new media.
2.      Untuk mengetahui sejarah dari new media.
3.      Untuk memahami internet sebagai bentuk new media pada abad 21




BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian New Media
Apa itu New media ? New media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti baru dan Media yang berarti perantara. Jadi New media bisa dikatakan sebagai sarana perantara yang baru. Baru yang dimaksud disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. Namun "New media" yang dimaksud disini merupakan suatu istilah untuk sesuatu yang mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.

Adapun pengertian lainnya, New media adalah sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. yaa jadi secara umum, New media itu dapat disimpulkan sebagai istilah yang menggambarkan tentang suatu bentuk teknologi yang berbentuk digital dan internet, dengan konsep meninggalkan teknologi kuno yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi dan tidak ramah lingkungan.

Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.

Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelit meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

Kesimpulan yang saya tarik dari kedua pendapat tersebut, new media / media baru adalah tekonologi komunikasi terdesentralisasi yang melibatkan komputer di dalamnya dan pesannya didistribusikan lewat satelit.

2.      Perkembagangan Media dari Masa ke Masa

1.      Era Surat Kabar
Cikal bakal jurnalistik dianggap lahir pada tahun  1405-1367 SM, ketika Kaisar Amenhotep III (kaisar Mesir) mengutus ratusan wartawan membawa surat berisi informasi untuk dibagikan ke seluruh pejabat disemua provinsi.  Namun surat kabar pertama di dunia yaitu “Acta Diuma” terbit pada tahun 59 SM di Roma, pada zaman Julius Caesar. Surat kabar tersebut berisi kebijakan – kebijakan kaisar, pengumuman resmi, dan informasi penting lainnya. Pada masa itu surat kabar tersebut masih berupa tulisan yang diukir pada logam atau batu.

Surat kabar pertama di dunia yang di cetak adalah “Relation”. Surat kabar ini diterbitkan pada tahun 1605 oleh Johan Carolus di Jerman dan menggunakan bahasa Latin. Surat kabar pertama kali muncul di Eropa pada abad ke-17. Oxford Gazzete (London Gazzete) merupakan surat kabar dalam bahasa Inggris pertama yang diterbitkan secara berkala, pada tahun 1665. Dan pada tahun 1702 terbit ‘Daily Courant” yang merupakan koran harian pertama di Inggris.

Di Indonesia sendiri surat kabar telah terbit di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda pada tahun 1587 – 1629, Jan Pieterszoon Coen memprakarsai penerbitan newsletter “Memorie der Nouvelles” yang berisi berita - berita dari Belanda yang dibawa ke Indonesia. Surat kabar tersebut mengunakan tulisan tangan dan disebarkan hanya pada orang - orang penting di Jakarta. Surat kabar modern pertama yang terbit di Indonesia (dulu Hindia Belanda) adalah “Bataviasche Nouvelles en Politique”. Surat kabar tersebut menggunakan bahasa belanda dan lebih banyak menampilkan iklan untuk kepentingan komersial pemerintahan Belanda. Koran Pribumi, yang menggunakan bahasa Melayu baru muncul pada tahun 1850an. Surat kabar “Bromartani” yang berbahasa Jawa terbit di Solo pada tahun 1855. Pada tahun 1943 terbit “Medan Prijanji” yang berbahasa melayu dan berisi gambaran situasi politik serta interpretasinya dari sudut pandang nasionalisme.

2.      Era Majalah

Majalah hadir untuk melengkapi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh surat kabar. Berbeda dengan surat kabar harian, majalah diterbitkan secara berkala, baik bulanan maupun mingguan. Majalah pertama di dunia adalah “The Gentleman’s Magazine” yang terbit pada tahun 1731 di London. Editor majalah ini adalah Edward Chen yang menggunakan nama pena “Sylvanus Urban”. Pada awalnya majalah berisi tentang humor, karya fiksi, atau essay mengenai politik, sastra, music, atau topik menarik lainnya yang sifatnya lebih ringan daripada surat kabar.

Di Indonesia sebenarnya majalah sudah mulai terbit sejak zaman penjajahan, namun tidak bertahan lama. Pada Tahun 1014 terbit majalah “De’Craine”, lalu tahun 1939 terbit majalah “Perintis” yang beredar dikalangan supir. Pada masa kemerdekaan, di tahun 1945, di Jakarta terbit majalah “Panja Raya” dibawah pimpinan Markoem Djojohadisoeparto.

3.      Era Radio

Stasiun radio pertama mulai beroperasi tahun 1920, yaitu stasiun radio KDKA di Pittsburgh. Pada awalnya radio digunakan oleh maritim untuk mengirimkan pesan dalam bentuk  kode morse dari kapal ke darat, atau sebaliknya. Radio sebagai media masa populer digunakan pada Perang Dunia II dan setelahnya. Hal ini dikarenakan radio dapat menyebarkan informasi tentang perang lebih cepat dari pada surat kabar.

Radio pada awalnya bekerja dengan prinsip modulasi amplitude (AM), namun gelombang radio yang ditransmisikan menggunakan modulasi amplitude rentan akan  gangguan cuaca. Pada tahun 1933 ditemukan sistem modulasi frekuensi (FM) yng menghasilkan suara lebih jernih dan tidak terganggu cuaca buruk.  Hingga saat ini, sebagian besar statsiun radio analog menggunakan sistem FM.

Di Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI) didirikan pada tanggal 11 September 1945. Sebulan setelah  dihentikannya  siaran radio Hoso Kyoku. RRI digunakan sebagai alat komunikasi antara pemeritahan RI dengan rakyat. Meski kalah oleh hadirnya televisi, radio masih tetap bertahan. Dan sekarang setelah muncul internet, radio berevolusi menjadi radio digital (online), yang disiarkan dengan cara mentransmisikan gelombang suara lewat internet (streaming).

4.      Era Televisi

Televisi mulai dikembangkan sejak tahun 1920-an, namun baru mulain populer dan dimiliki banyak pengguna sejak tahun 1940-an setelah perangd dunia ke-2 berakhir. Pada masa itu televisi telah menampilkan gambar dan suara, tapi masih hitam putih. Siaran TV berwarna mulai marak sejak tahun 1967an. Hingga saat ini teknologi televisi semakin berkembang, televisi berukuran lebih tipis, ringan, namun dengan kualitas gambar yang sangat jernih dan halus.

Berdasarkan penelitian pada tahun 1994, 98% keluarga di Amerika memiliki sebuah televisi. Di Indonesia juga berlaku hal yang sama, saat ini hampir semua keluarga di Indonesia memiliki televisi di rumahnya. Tayangan yang disiarkan televisi beragam, mulai dari film, sinetron, acara musik, dan terutama siaran berita. Baik berupa berita politik, atau kejadian yang terjadi di sekitar.

Dengan berkembangnya internet, peran televisi semakin tergeser. Sebab berbeda dengan televisi yang menyajikan berita sesuai program, dan tidak dapat diulang. Internet dapat menyajikan berita atau informasi apapun sesuai dengan yang pengguna cari, dan dapat diulang sebanyak apapun selama konten tersebut masih tersimpan. Namun beberapa stasiun televisi telah berinovasi dengan menyediakan siaran televisi secara online.

5.      Era Internet

Internet pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk kepentingan militer. Proyek tersebut bernama ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). Pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah dapat dihubungkan dan saling berkomunikasi. Pada tahun 1980an telah lebih dari 100 komputer yang dapat bergabung dengan ARPANET dan membentuk jaringan.

Pada tahun 1990,  Tim Bernes Lee menemukan program yang diberi nama World Wide Web disingkat www. Sebuah program editor dan browser yang bisa menjelajah antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, dan menciptakan jaringan. Tahun 1994, situs internet tumbuh dan berkembang semakin banyak mencapai 3000 alamat, muncul pula e-retail (belanja online). Pada abah ke-20 internet telah digunakan secara luas, dan menghubungkan seluruh dunia.

3.      Kekurangan dan Kelebihan dari New Media yang Ada

Berikut beberapa contoh new media yang ada pada saat ini :

1.      TWITTER
Pengertian twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).

Kelebihan twitter :

1.      Walaupun terbilang baru namun mampu menyita banyak member walaupun tak sebanyak facebook.
2.      Banyak artis yang sering menggunakan twitter daripada facebook sehingga memancing fansnya juga memakai twitter.
3.      Dalam twitter jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu disetujui oleh orang yang kita 'follow', jika di facebook harus menunggu konfirmasi dari orang yang di add.
4.      Dapat lebih mudah mengganti status dengan sekali tombol 'tweet'.
5.      Kita dapat mengubah gambar layout. Layout dapat berupa gambar default yang disediakan oleh twitter maupun foto kita sendiri, jadi akan tampak lebih cantik.

Kekurangan twitter :

1.      Karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 180 karakter, jauh sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
2.      Penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
3.      Dalam twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.
4.      Foto profil sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto layaknya dalam facebook.
5.      Biodata pribadi juga sangat sedikit dibanding facebook yang menampung biodata yang cukup kompleks.

2.      YOUTUBE
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video - video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video - video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web.

Kelebihan youtube :

1.      Bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
2.      Sebagai ajang promosi diri
3.      Bisa mendownload setiap video
4.      Bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
5.      Ukurannya ada yang HD, bisa di download
6.      Videonya banyak

Kekurangan youtube :

1.      Bisa disalahgunakan penggunanya
2.      Banyak informasi yang menyesatkan
3.      Banyak negara yang memblok Youtube
4.      Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
5.      Gambarnya tersendat - sendat
6.      Banyak video dengan kualitas buruk


3.      FACEBOOK

Facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Kelebihan facebook :

1.      Membantu kita untuk mendapatkan teman.
2.      Bagi yang mempunyai bisnis facebook ini bisa membantu untuk mempromosikan bisnis kita.
3.      Kalau kita mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan saudara jauh.
4.      Bisa memberikan informasi yang tidak kita ketahui kepada kita.

Kekurangan facebook :

1.      Bisa membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
2.      Memberikan kesempatan bagi para orang - orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.
3.      Membuat kita menjadi boros karena kita membeli pulsa dan ke warnet terus.

       4.  Prediksi New Media yang akan Datang

Dalam hal penyampaian ke audiens, distribusi konten yang mangkus, dan membangun pengikut merek anda, media sosial memberikan banyak peluang. Media sosial adalah tempat audiens hidup dan berinteraksi dengan konten anda, yang menjadikannya platform yang sangat sesuai. Analitik yang terintegrasi membantu anda menelusuri serta meningkatkan upaya seiring waktu. Menjelang tahun 2018, tak ada salahnya mempersiapkan strategi sosial dari sekarang untuk mengikuti tren yang ada. Inc memberikan enam tren media sosial yang diprediksi akan menyertai media sosial tahun depan.

1. Analitik sosial yang lebih menyeluruh memberi lebih banyak peluang untuk personalisasi konten.
Tak seorang pun menyukai konten yang tidak relevan untuk kebutuhannya. Ini semakin benar apabila berinteraksi dengan merk yang anda ketahui dan cintai, hal terakhir yang anda mau adalah konten generik yang tidak memberikan sesuatu yang unik kepada anda. Faktanya, ada tiga dari empat orang yang frustrasi saat mendapat konten yang tidak relevan.
Personalisasi yang ditingkatkan bagi audiens adalah tren mayoritas di pemasaran konten, yang sampai juga ke media sosial. Dengan berevolusinya platform sosial, alat analitiknya dan fitur untuk bisnis akan semakin detil dan berharga bagi sebuah merk. Data seperti ini berarti pemasar akan lebih punya pemahaman yang dibutuhkan untuk membuat konten yang dipersonalisasi dengan lebih baik.

2. Fitur platform yang tumpang tindih berarti harus lebih selektif.

Baik Snapchat dan Instagram sama - sama punya fitur video dan konten visual berwaktu, sehingga poin utama dari diferensiasi bertumpu pada audiens dan jangkauannya. Instagram Story mempunyai jangkauan lebih luas dan mendapat banyak pelibatan; sekitar 10 persen pengikut selebgram membuka Story setiap hari, yang lebih baik dari Snapchat.  Snapchat di sisi lain terus mendominasi kelompok usia remaja.
Dengan lebih banyaknya platform terus menawarkan fitur yang mirip bahkan sama, merk dan pemasar harus lebih selektif terhadap yang mereka pilih. Gunakan keunggulan analitik dan fitur pelaporan untuk mengidentifikasi platform yang memberikan keuntungan terbaik.

3. Penyimakan sosial akan memberikan merk sebuah keunggulan dalam pesan daring.

Ketimbang sekadar menelusuri konten seperti apa yang dibuat oleh pesaing atau apa yang mereka bagikan di media sosial anda sebaiknya juga memonitor penyebutan terhadap mereka serta apa yang dikatakan orang - orang; dan menggunakannya sebagai metrik untuk membandingkan kinerja anda.
“Menggunakan pemonitoran situs, anda dapat mengumpulkan sejumlah besar data terkait perusahaan anda maupun pesaing - pesaingnya yang bisa dimanfaatkan untuk strategi pemasaran. Di Brand24, penelitian kami menunjukkan bahwa dalam sebulan, sekitar 14.000 pencarian daring dimulai dengan ‘Can anyone recommend?’ dan sekitar 30.000 pencarian diawali dengan ‘Where can I buy?’ Sekitar 60 persen pertanyaan tersebut tidak mendapatkan balasan dari perusahaan; yang merupakan peluang besar,” kata Magdalena Urbaniak, manajer komunikasi global di Brand24.
Urbaniak menambahkan bahwa mengawasi penyebutan sosial ini dapat menunjukkan apa yang disukai dan tidak disukai audiens, yang dapat menjadi ide peningkatan merk. Melibatkan diri dalam penyimakan sosial dapat memberi informasi berharga terkait kinerja pesaing anda dan audiens anda yang dipakai untuk strategi konten anda.

4. Video akan semakin mendapat tempat dalam strategi konten sosial

Semua orang tahu bahwa konten video adalah populer dan dengan demikian penting bagi sebuah merk. Dan dengan terus diperbaharuinya algoritma sosial, video akan semakin berharga untuk menciptakan pelibatan dan mendapatkan pengikut. Pada kenyataannya, berdasarkan pengalaman Influence & Co, video di Facebook mendapatkan pelibatan yang lebih tinggi, ada lebih banyak orang yang berkomentar dan mengirimkan ‘like’ serta membagikan kembali.
Fitur pelaporan Facebook juga menolong anda mengetahui bagaimana kinerja sebuah video dibandingkan dengan kiriman yang lainnya. Fitur Story di Instagram maupun Snapchat juga memberikan peluang yang lebih baik bagi sebuah merk untuk membuat konten video dan membagikannya dengan cepat kepada para pengikut. Jelas sekali video menjadi semakin penting. Memiliki kemampuan untuk membuat konten tersebut serta strategi yang terkait dengannya untuk konten tertulis diblog dan publikasi lainnya, akan sangat penting bagi merek ditahun 2018.

5. Facebook menjadi semakin mobile

Tahun 2020, diprediksi sekitar 59 persen pengguna Facebook di Amerika mengaksesnya hanya lewat ponsel dan 80 persen pendapatan iklan perusahaan datang dari iklan mobile. Facebook adalah salah satu platform media sosial terakhir yang tidak didesain sedari awal untuk hadir dimobile. Meninjau aplikasi populer seperti Instagram dan Snapchat, dapat dilihat tren berupa aplikasi sosial khusus atau (kebanyakan di mobile). Optimisasi mobile telah menjadi andalan pemasar yang melek teknologi untuk beberapa saat, namun dengan Facebook semakin didominasi oleh mobile, merek - merek tak akan lagi punya alasan untuk menciptakan konten yang dioptimalisasi bagi mobile.

6. Chatbot akan membuat layanan konsumen lebih cepat dan mudah.

Koneksi instan akses internet yang tersebar luas telah mengondisikan kita untuk menginginkan barang secepatnya sampai di tangan. Hal ini menyebabkan banyak bisnis melakukan salah satu dari dua hal: merespon terlalu cepat yang membuat terjadi kesalahan dan kualitas jasa yang jelek.
Di sinilah peran chatbot dibutuhkan khususnya lewat Facebook Messenger. Chatbot memberikan peluang untuk berinteraksi secara cepat dengan audiens lewat cara yang hangat, anda dapat mengostumisasi suara merek anda dan mengirimkan konten kepadanya secara langsung. Mungkin itulah alasan ada sekitar 100.000 bot aktif setiap bulan di Facebook Messenger dan sekitar 2 milyar pesan berseliweran tiap bulan (kumparan.com/jejaktekno).

5.  Sejarah Singkat Internet

            Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah - daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non - militer seperti, universitas - universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

6.  Pengertian dan Manfaat Internet

Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan - jaringan komputer yang berada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di internet secara gratis.
Internet merupakan dunia tanpa batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama diinternet. Oleh sebab itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas - batas wilayah teritorial negara tertentu.
Internet merupakan salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas - batas dunia. Internet memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas - batas negara, waktu, jarak, dan hukum atau biokrasi suatu negara.

Manfaat Internet

Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang berpergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan, sehingga dikembangkannya jaringan tanpa kabel (wireless). Berikut manfaat internet secara umum :

a. Mencari informasi (hosting) dan research di internet
Hosting dilakukan seseorang untuk mencari berita, referensi, maupun bacaan. Dengan hosting, pengguna dapat memperoleh informasi yang banyak. Bahkan, pengguna internet sering mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya ke internet agar dapat diakses oleh pengguna lain.

b. Berkirim surat (e-mail)
E-mail merupakan suatu kegiatan berkirim surat melalui media internet. E-mail (Electronic mail) sudah banyak digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirimkan surat secara langsung dan penerima surat yang letaknya berjauhan juga dapat secara langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya sedang online.

c. Berbelanja online (e-commerce)
E-commerce (Electronic commerce) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang banyak dilakukan saat ini. Misalnya, internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya. Di Indonesia telah disediakan beberapa website khusus sebagai website untuk penjualan barang - barang seperti glodokshop.com, apotikonline.com, tokobagus.com, zalora.com, dan lain - lain.

d. Internet banking
Internet banking atau electronic banking (e-banking), cyber banking, virtual banking, home banking, maupun online banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Manfaat adanya internet banking bagi nasabah, yaitu nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja (asalkan tersedia fasilitas internet). Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Di Indonesia bank - bank yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.

e. Belajar jarak jauh (e-learning)
E-learning atau sering disebut juga dengan e-education adalah kegiatan belajar pada tempat yang saling berjauhan dengan menggunakan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan sebagainya. Di Indonesia yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya Universitas Terbuka. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many communication). Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet akan membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh pun akan menjadi lebih maksimal.

f. Mengobrol (chatting)
Chatting adalah kegiatan atau pola bicara di internet. Jika telepon menggunakan bunyi untuk berkomunikasi, sedangkan chatting diinternet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan fasilitas lainnya, dalam internet menawarkan kemudahan, kecepatan, dan biaya yang murah.

7.   Penerapan Internet dengan New Media

New Media merupakan sarana perantara yang baru, dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat diartikan sebagai media-media baru yang hadir sejak perkembangan teknologi di akhir abad ke-20. Contoh komponen perangkat new media saat ini yaitu, seperti: handphone/smartphone, laptop, tablet, serta perangkat digital lainnya. Dalam penerapannya, New Media sangat berhubungan dengan internet yang juga merupakan komponen utama New Media. Contoh penerapan New Media ke dalam internet yaitu, sebagai berikut:

1.      Jejaring Sosial
Jejaring sosial merupakan penerapan New Media ke dalam internet yang banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan jejaring sosial, kita dapat melakukan berbagai hal. Seperti berkomunikasi, berbisnis, dan sebagainya. Contoh jejaring sosial New Media, yaitu: Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya.

2.      Aplikasi Chatting atau Messenger
Selain jejaring sosial, kegiatan saling mengirim pesan singkat secara langsung juga sangat popular dalam perkembangan New Media. Banyak aplikasi chatting atau messenger berbasis internet yang digunakan masyarakat. Aplikasi tersebut memudahkan dalam berkomunikasi secara cepat dengan berbagai fitur menarik. Kita tidak hanya dapat mengirim pesan teks, tapi juga dapat mengirim gambar, file, video, bahkan saling bertatap muka dengan fitur video call. Contoh aplikasi chatting atau messenger, yaitu: BBM (blackberry messenger), WhatsApp, Line, KakaoTalk Messenger, WeChat, dan sebagainya.

3.      Video Conference
Dengan menggunakan video conference, kita dapat berkomunikasi secara real time dengan bertatap muka dengan dua orang atau lebih. Contoh aplikasi video conference, yaitu: Skype, ooVoo, dan lain-lain.

4.      Hiburan
Selain berkomunikasi, New Media juga sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia hiburan. Seperti dalam dunia musik dan permainan. Contohnya yaitu: berbagai permainan online di internet, aplikasi games atau permainan untuk smartphone, Youtube, dan berbagai aplikasi pemutar musik atau music player.

5.      Pendidikan dan Edukasi
Penerapan New Media ke dalam internet juga mempengaruhi dunia pendidikan. Dengan adanya internet, proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Contohnya, yaitu: E-Book atau buku digital, berbagai video pembelajaran, materi pembelajaran di internet, dan berbagai situs tanya jawab seputar pendidikan di internet.

8.   Kelebihan atau Keuntungan Penerapan Internet dan New Media
Zaman sekarang, bagi sebagian besar masyarakat handphone adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bahkan sangat diperlukan. Karena semakin berkembangnya teknologi handphone tidak hanya digunakan untuk media komunikasi saja seperti sms atau telepon saja. Sekarang banyak handphone yang menyediakan fitur - fitur untuk browsing, chatting dan lain - lain. New Media merupakan perkembangan baru dari media - media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Berikut beberapa kelebihan new media :  

1.      Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini, tentunya manfaat new media sangat besar, dan dirasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Para pelajar atau mahasiswa seperti saya bisa mencari bahan bahan materi yang diperlukan oleh mereka, jadi kita dapat mengurangi biaya dalam membeli buku, karena kita bisa men-download suatu buku digital yang isinya adalah bahan - bahan materi yang kita perlukan, dan filenya bisa kita simpan dalam direktori yang ada dalam laptop ataupun notebook, jadi lebih simple dan praktis, tinggal membawa laptop atau notebook kita jika diperlukan tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.

2.      Bidang Kesehatan
Dalam bidang ini banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit, atau orang yang ingin mencari sesuatu bahan alami untuk menjaga kesehatan. Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang tradisional.

3.      Bidang Pencarian Kerja
Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang – orang yang ingin mencari pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa mengetahui lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap instansi / perusahaan memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu. Melalui New Media juga para pelamar kerja bisa mendaftar lewat online.

4.      Bidang Jual Beli
Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang – orang, manfaatnya dapat dirasakan pembeIi cukup melihat gambar / photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesan di website tersebut yang isinya adalah nama, no rek, kode barang dan kode pos, jadi tidak perlu datang ke toko – toko yang menjual barang tersebut. Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan ATM / ebanking, dll. Lalu manfaat yang dirasakan oleh penjual adalah dia dapet menjual barang ke manapun. Dan pengiriman barangpun dapat menggunakan jasa pengiriman barang seperti JNE, Kantor Pos, Dll. Namun terkadang kualitas barang yang dijual tidak sebagus barang yang ada digambar / foto, dan bagi anda yang ingin membeli barang via Internet juga harus waspada akan penipuan. Di sini ada juga forum jual beli yang lumayan banyak diakses orang yaitu kaskus.

5.      Bidang Sosial
Bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang - orang, karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan kegiatan sosial, salah satunya Facebook, Friendster, Twitter, My Space, Yahoo Messangger, Yahoo dan lainnya. Melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun, di website kita juga dapat mengirim foto, video, dll.

9.   Kekurangan atau Kerugian Penerapan Internet dan New Media dan Bagaimana Cara Mengantisipasinya

            Pada zaman modern ini kebutuhan akan internet memang sudah hampir tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari karena di internet kita hapir 100% bisa menemukan segala informasi yang dibutuhkan. Meskipun internet mempunyai banyak manfaat, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang di timbulkan oleh internet. Perhatikanlah dampak negatif internet dan cara menanggulanginya :

1.      Penipuan
Sekarang ini sedang ramai - ramainya transaksi online di internet, oleh karna itu banyak tangan - tangan jail yang hanya menyalahgunakan transaksi online ini. Diantaranya mereka biasa menggunakan transaksi online ini untuk penipuan, untuk itu kalau kita bertransaksi online di internet kita harus pastikan dulu orang yang menjual atau menawarkan barang tersebut. Sebelum kita memesan, kita harus menghubungi atau menanyakan tentang keamanan atau kepastian transaksi tersebut.

2.      Perjudian
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya internet sangat menguntungkan bagi pelaku perjudian. Terutama yang dari sering lihat banyak perjudian yang marak diinternet terutama perjudian dibidang sepak bola. Kita harus belajar dari lagu Roma Irama bahwa "kalaupun kamu menang itu adalah awal dari kekalahan, dan kalaupun kamu kaya itu adalah awal dari kemiskinan. Maka dari itu kita seharusnya tidak mendekati dengan perbuatan yang namanya judi.

3.      Mengabaikan kehidupan Sosial
Dengan banyaknya situ sosial media di internet sering kali membuat banyak orang Mengabaikan kehidupan sosialnya, Kurangnya karakter sosial manusia dikarenakan mereka condong lebih senang berkomunikasi melalui internet dari pada bersua secara langsung atau “face to face”. Dari perubahan karakter sosial bisa mengakibatkan pergantian pola didalam masyarakat untuk berinteraksi. Untuk itulah jika anda seorang yang tidak bisa lepas dari sosmed, sebisa mungkin luangkan waktu untuk sekedar berbincang atau bercakap - cakap dengan masyarakat sekitar.

4.      Kecanduan Internet
Internet pun bisa menyebabkan ketergantungan hingga lupa waktu dalam kehidupannya. Contohnya jika seseorang sudah kecanduan social media ataupun game online, apabila sehari saja tidak menggunakan internet pasti mereka merasa ada yang kurang dalam kehidupan mereka. Maka dari itu jika kita harusnya menggunakan internet secukupnya saja jangan terlalu menggantungkan hidup anda ke internet karna itu bisa sangat berbahaya bagi kehidupan atau mungkin kesehatan anda. Saran saya Kita harus bijak dalam menggunakan Internet.

5.      Pornografi
Menurut Departemen Kehakiman AS, distribusi pornografi anak hampir sepenuhnya dibasmi pada pertengahan 1980-an. Tapi penciptaan dan keberhasilan internet telah membalikkan posisi ini. Saat ini, pornografi anak adalah industri multi-miliar dolar dan, menurut Pusat Nasional untuk Anak Hilang dan Tereksploitasi, merupakan salah satu industri internet paling cepat berkembang. Bahkan, NCMEC mengklaim bahwa  20% dari semua pornografi di internet melibatkan anak - anak. Kemudahan relatif mentransfer gambar dengan kamera digital kemampuan untuk berkomunikasi secara anonim dan pembayaran online yang kian mudah semudah mendistribusikannya ke massa menyebabkan pornografi anak menjadi proporsi besar yang hampir tak terbendung.

Cara menanggulangi dampak negatifnya :
1.      Peran orang tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan. Kondisikan bahwa masuk ke situs negatif (konten porno/kekerasan) itu sesuatu yang tabu, sehingga penggunaan komputer harus terbuka dan orang tua harus bisa melihat.
2.      Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum sehingga dapat terus dipantau kegiatan anak saat mengakses internet (sebaiknya tidak di kamar tidur anak) .
3.      Tentukan waktu online bersama. Orang tua dan anak bersama - sama duduk di komputer, berdiskusi tentang berbagai informasi dari internet.
4.      Pembatasan waktu browsing. Biasakan anak untuk disiplin mematuhi batasan waktu menggunakan internet. Hindari anak duduk didepan komputer hingga larut malam.
5.      Komunikasikan manfaat positif maupun negatif internet kepada anak secara gamblang. Jelaskan, internet adalah media informasi yang paling praktis serta tak terbatas. Namun, ada beberapa pihak yang memanfaatkan internet untuk maksud yang tidak baik.
6.      Berikan tips praktis untuk menghindari pihak - pihak yang ingin mengambil keuntungan sepihak dari pengguna internet. Misalnya, dengan tidak memberi data pribadi, tidak memberikan nomor telepon dan alamat serta tidak memberikan foto pada siapapun yang tidak dikenal.
7.      Menggunakan internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet, termasuk dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda.
8.      Jika anak memperlihatkan tingkah laku tak wajar, segera diskusikan dengan mereka. Cari tahu, apakah internet menjadi penyebabnya.
9.      Tekankan pada anak bahwa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya tak kalah pentingnya dengan berinternet ria sepanjang hari.
10.  Jika anak anda mulai terlihat kecanduan internet atau game, segera diskusikan dengan ahli. Mereka tahu betul bagaimana menjadikan hidup anak anda tak hanya dihabiskan di depan computer.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan

New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.
New Media sendiri adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet.

Saran

            Berdasarkan isi dari makalah ini, penulis hanya sedikit memberikan saran, yaitu agar selalu belajar dan lebih memahami dunia digital yang berubah – ubah. Bagi generasi penerus, setidaknya harus bisa lagi memanfaatkan teknologi new media, dan terus belajar agar terciptanya inovasi – inovasi yang memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

DAFTAR PUSTAKA
http://auliarrizdaa.blogspot.co.id/
https://kumparan.com/jejaktekno/6-prediksi-tren-media-sosial-2018
http://kriboanker.blogspot.co.id/2011/11/new-media.html
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2014/10/new-media-media-baru.html
https://pakarkomunikasi.com/sejarah-media-massa
https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://pengetahuanwawasanz.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-dan-manfaat-internet.html
https://rianitagiovanni.wordpress.com/2015/10/08/penerapan-new-media-ke-dalam-internet/
https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-manfaat-new-media/
https://tasik-cyber.blogspot.co.id/2014/09/dampak-negatif-internet-dan-cara-menanggulanginya.html
http://www.caramenghilangkanjerawat.co.id/2014/11/contoh-makalah-pemanfaatan-new-media.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar