Selasa, 07 Januari 2020

Penulisan 3 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA





Nama  :    Muhammad Ilham Friansyah
NPM    :    54416932
Kelas   :    4IA12
Tugas  :    Ketiga
Dosen :    Dr. Siti Saidah,Skom.,MMSI





FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA
2019


Sikap Tenggang Rasa diantara Teman

Tenggang Rasa menurut KBBI berarti dapat (ikut) menghargai (menghormati) perasaan orang lain. Toleransi bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dsb) yg berbeda atau bertentangan dng pendirian sendiri. Kedua hal ini saling berkaitan dalam kehidupan sehari – hari. Apalagi dalam hubungan antar teman.

Sikap tenggang rasa tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Apabila sikap tenggang rasa seseorang terlalu tinggi akan menjadi paranoid, terlalu berhati – hati terhadap sesuatu. Ya itu memang bagus bersikap berhati – hati tapi apakah sikap itu harus diterapkan kepada teman ? itu kembali lagi kepada pribadi masing – masing. Sebaliknya apabila sikap tenggang rasa seseorang terlalu rendah maka orang itu akan cuek, tidak peduli terhadap orang lain.

Toleransi pun juga begitu apabila terlalu tinggi orang tersebut akan menjadi permisif (terlalu terbuka) yang mana tidak baik, karena masalah pribadi anda pun anda umbar kepada orang yang belum tentu perduli dengan anda. Orang dengan toleransi tinggi juga biasanya adalah orang yang pemaaf. Toleransi yang terlalu rendah pun tidak baik, karena akan menyebabkan orang tersebut menjadi fanatik.

Sikap tenggang rasa lebih berfokus kepada perasaan, contoh : apabila teman kita sedang senang kita ikut senang, apabila teman kita bersedih otomatis kita juga akan merasa bersedih. Kita harus belajar tentang sikap tenggang rasa terutama tenggang rasa kepada teman agar kita bisa mengetahui sifat teman kita dan menjadi lebih akrab kepada mereka.

Sikap toleransi lebih berfokus kepada perbuatan, contoh : saya beragama muslim saya melakukan ibadah saya dengan sholat. Terkadang saya beribadah di dalam kamar kosan dimana terdapat teman saya yang beragama Kristen. Teman saya mekmaklumi perbuatan saya tersebut dikarenakan saya sedang menunaikan ibadah saya walaupun saya melakukannya dikamar kosan yang notabene milik bersama.

Sikap tenggang rasa yang lebih rendah daripada sikap toleransi dinamakan egois menurut saya, mengapa ? karena orang tersebut tidak memikirkan perasaan orang lain dan hanya melakukan yang dia inginkan saja, contoh : Dalam agama Islam diwajibkan umatnya untuk berpuasa. Dibulan Ramadhan yang mana semua umat Islam diwajibkan berpuasa maka saya pun harus berpuasa. Saat saya sedang berpuasa teman satu kos saya yang beragama Kristen makan dan minum di depan saya tanpa memperdulikan perasaan saya yang sedang berpuasa. Yang mana saya sedang menahan untuk tidak makan dan minum dihari yang terik dan teman saya seenaknya saja makan dan minum di depan mata saya.

Oleh karena itu sikap tenggang rasa harus diimbagin dengan sikap toleransi yang setara. Keduanya harus berada di titik yang sama  tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Keduanya tidak boleh juga saling melebihi dikarenakan akan membuat sikap yang tidak mengenakan dalam menjalani hubungan pertemanan apalagi percintaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar