Jumat, 22 Desember 2017

Budaya Partisipatif

Halooo, kali ini kita akan membahas tentang budaya patipastif dan dampaknya. Langsung aja yak.
PENGERTIANNYA
Budaya partisipatif adalah konsep yang berlawanan dengan budaya konsumen - dengan kata lain budaya dimana individu pribadi (publik) tidak bertindak sebagai konsumen saja, tetapi juga sebagai kontributor atau produsen ( prosumers ). Istilah ini paling sering diterapkan pada produksi atau pembuatan beberapa jenis media yang dipublikasikan . Kemajuan teknologi terkini (kebanyakan komputer pribadi dan internet ) telah memungkinkan orang - orang pribadi untuk membuat dan menerbitkan media semacam itu, biasanya melalui Internet. Budaya baru yang berkaitan dengan Internet ini telah digambarkan sebagai Web 2.0 . Dalam budaya partisipatif, "orang muda secara kreatif menanggapi sejumlah besar sinyal elektronik dan komoditas budaya dengan cara yang mengejutkan pembuatnya, menemukan makna dan identitas yang tidak pernah dimaksudkan untuk berada di sana dan menentang nostrum yang sederhana yang meratapi manipulasi atau kepasifan" konsumen. "
Meningkatnya akses ke Internet telah menjadi bagian integral dalam perluasan budaya partisipatif karena semakin memungkinkan orang untuk bekerja sama menghasilkan dan menyebarkan berita, gagasan, dan karya kreatif dan terhubung dengan orang - orang yang memiliki tujuan dan minat yang sama (lihat kelompok afinitas ). Potensi budaya partisipatif untuk keterlibatan warga negara dan ekspresi kreatif telah diselidiki oleh ilmuwan media Henry Jenkins. Pada tahun 2009, Jenkins dan rekan penulis Ravi Purushotma, Katie Clinton, Margaret Weigel dan Alice Robison menulis sebuah makalah putih berjudul Menghadapi Tantangan Budaya Partisipatif: Pendidikan Media untuk Abad ke-21 . Makalah ini menggambarkan budaya partisipatif sebagai satu:
  1. Dengan hambatan yang relatif rendah terhadap ekspresi artistik dan keterlibatan warga
  2. Dengan dukungan kuat untuk menciptakan dan berbagi ciptaan seseorang dengan orang lain
  3. Dengan beberapa jenis bimbingan informal dimana yang diketahui paling berpengalaman disampaikan kepada para novis
  4. Dimana anggotanya percaya bahwa kontribusi mereka penting
  5. Dimana anggota merasa memiliki tingkat hubungan sosial satu sama lain (setidaknya mereka peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang apa yang telah mereka ciptakan).

MOBILITAS, INTERAKTIVITAS dan IDENTITAS
Keikutsertaan dan keterlibatan masyarakat secara partisipatif dalam proses pembangunan teknologi, terus berkembang untuk jalannya komunikasi, kolaborasi, dan ide - ide, itu juga menimbulkan peluang baru bagi masyarakat untuk membuat konten mereka sendiri. Hambatan seperti waktu dan uang mulai menjadi kurang signifikan terhadap kelompok besar masyarakat. Misalnya, pembuatan film dibutuhkan sekali dana dalam jumlah besar peralatan mahal, tapi sekarang klip video dapat dibuat dengan peralatan yang terjangkau untuk banyak orang. Kemudahan yang konsumen ciptakan telah tumbuh.
Smartphone adalah salah satu contoh yang menggabungkan unsur interaktivitas, identitas dan mobilitas. Mobilitas dari ponsel pintar menunjukkan bahwa media tidak lagi terikat oleh ruang dan waktu dapat digunakan dalam konteks. untuk sekarang ponsel cerdas yang dapat dipantau kapan saja dan dimana saja. Smartphone juga meningkatkan budaya partisipatif dengan peningkatan tingkat interaktivitas. Alih - alih hanya menonton, pengguna secara aktif terlibat dalam membuat keputusan, navigasi halaman, menyumbangkan konten mereka sendiri dan memilih apa link untuk diikuti. Ini melampaui keyboard "tingkat" interaktivitas, di mana seseorang menekan tombol dan huruf yang diharapkan muncul, dan menjadi aktivitas dinamis dengan opsi baru secara terus menerus dan mengubah pengaturan, tanpa formula yang ditetapkan untuk mengikuti. Smartphone melambangkan ini dengan pilihan terbatas dan cara untuk mendapatkan pribadi terlibat dengan beberapa media pada saat yang sama. Smartphone juga berkontribusi terhadap budaya partisipatif karena bagaimana mengubah persepsi identitas. Seorang pengguna dapat bersembunyi di balik sebuah avatar, profil palsu, atau hanya diri ideal saat berinteraksi dengan orang lain secara online. Tidak ada akuntabilitas untuk menjadi siapa yang Anda katakan.

Dampak positif konvergensi media :
  • Memberikan banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk dapat memilih informasi yang diinginkan sesuai selera.
  • Lebih mudah, praktis dan efisien.
  • Timbulnya demokratisasi informasi dimana semua orang bisa mengakses informasi secara bebas dan luas dengan berbagai cara dan bentuk.
  • Di bidang pekerjaan, jelas sekali di jaman sekarang ini jenis - jenis pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi digandrungi banyak orang dan peminat seperti hal-hal yang berbau IT atau sistem informasi.
  • Masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat.
  • Interaktif Masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik terhadap informasi-informasi yang disampaikan.
  • Konvergensi media menyediakan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi secara visual, audio, data dan sebagainya .
Dampak negatif konvergensi media :
  • Perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan teknologi (cybermedia dan cybersociety).
  • Munculnya masyarakat digital / masyarakat maya.
  • Media cetak / media tradisional / media konvensional mulai kalah dengan media modern / media baru / media online.
  • Kesenjangan sosial yang semakin besar.
DAFTAR PUSTAKA
1. https://en.wikipedia.org/wiki/Participatory_culture
2. http://saraahputi.blogspot.co.id/2015/12/mobilitas-interaktivitas-dan-identitas.html
3. http://apocalypse-ciel.blogspot.de/2010/10/participatory-culture-sedikit-gw.html
4. https://adityariannugroho135.blogspot.co.id/2017/11/participatory-culture.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar