Pembahasan hari ini :
1. Proses Analisis Web dan Parameter Pengukurannya
2. Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web yang terdiri dari Periklanan, Penjualan Online, dan Lelang
Proses Analisis Web dan Parameter Pengukurannya
Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, tidak terasa sudah
lama sekali kita mengenal internet sebagai suatu alat untuk membantu kehidupan
kita. Setiap hari bahkan hampir setiap jam kita seakan memiliki ketergantungan
terhadap internet. Salah satu fitur yang ditawarkan internet adalah sebuah web,
yang merupakan salah satu fitur dari internet yang paling sering kita kunjungi.
Setelah menjadi pengamat dan pengunjung banyak web, sudah seharusnya kita
mengenal dan dapat membedakan mana web-web yang berkualitas dan tidak sehingga
kita dapat memanfaatkan informasi yang kita dapatkan dari web-web tersebut
dengan baik. Kita dapat mengukur kualitas suatu web dengan analisis web.
Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data
internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Untuk
menganalisa suatu website perlu di ketahui kriteria apa saja yang akan di
analisa.
Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan
sebuah parameter sebagai acuan, ada banyak sekali parameter yang dapat
digunakan untuk mengevaluasi sebuah website. Namun secara umum ada beberapa
parameter yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti :
Accesibility
Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website
dalam aspek aksesnya. Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses
menggunakan teknologi-teknologi terbaru yang ada saat ini seperti melalui
ponsel atau PDA ?.
Readibility
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut
nyaman untuk dibaca ?” dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti
isi situs tersebut?”.
Speed
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya
sebuah situs. Pengakses cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat
mereka membuka sebuah situs yang lambat diakses, sehingga mereka harus menunggu
beberapa lama untuk melihat tampilan situs tersebut. Pengakses cenderung tidak
mau menunggu terlalu lama untuk melihat sebuah situs. Semakin cepat situs itu
dalam melakukan loading time pastinya akan semakin baik.
Content
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website
tersebut. Karena itu konten adalah bagian yang paling penting dari sebuah
penilaian. Karena itu konten haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target
audien situs yang dituju.
Technology
Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang
aplikasi atau teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan website
tersebut. Seperti teknologi yang yang digunakan dalam segi mendesain website
tersebut. Dan seberapa baik desain itu dibangun.
Setelah mengetahui parameter – parameter umum dalam menilai
sebuah website, kita dapat melakukan
analisa terhadap suatu website. Sebelum itu kita harus mengetahui tipe analisis
web.
Setelah mengetahui parameter – parameter umum dalam menilai
sebuah website, kita dapat melakukan
analisa terhadap suatu website. Sebelum itu kita harus mengetahui tipe analisis
web.
Tipe-Tipe Analisis Web:
a. Content Analysis
Mengidentifikasi isi yang akan ditampilkan pada aplikasi
berbasis web ini. Isi informasi dapat berupa teks, grafik, audio, maupun video.
b. Interaction Analysis
Analisis yang menunjukkan hubungan antara web dengan
pengguna.
c. Functional Analysis
Menentukan operasi yang akan diaplikasikan pada WebApp dan
termasuk di dalamnya fungsi-fungsi yang melakukan proses. Semua operasi dan
fungsi dideskripsikan secara detil
d. Configuration Analysis
Konfigurasi yang digunakan pada aplikasi berbasis web,
internet, intranet, atau extranet. Selain itu, analisis ini juga meliputi
relasi database dengan web jika diperlukan. Setelah mengetahui apa saja jjenis
dari analisis maka kita akan masuk ke tahap proses menganalisanya.
Setelah mengetahui apa saja parameter dan tipe analisis
data, tentunya kita juga harus mengetahui langkah-langkah pengujiannya.
Pengujian merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam jaminan
kualitas aplikasi. Pengujian ini dilakukan untuk menemukan beberapa kesalahan
yang disebabkan oleh proses perancangan maupun proses implementasi yang belum
benar.
Biasanya sebuah pengujian dilakukan oleh sekelompok tim yang
sudah teroganisir. Dalam pengujian aplikasi berbasis WEB ini tim tersebut akan
menyusun beberapa langkah. Menurut Krishen Kota terdapat 10 langkah dalam
pengujian aplikasi berbasis WEB diantaranya adalah :
1. Menentukan Sasaran
Pengujian (Objective)
Sebelum melakukan sebuah pengujian kita harus menentukan
beberapa sasaran pengujian, agar pengujian yang akan dilakukan terarah.
Sehingga seorang penguji dapat menentukan beberapa prioritas pengujian dalam
sebuah pengujian aplikasi.
2. Menentukan Proses dan Pelaporan Pengujian
Dengan menentukan proses pengujian dan susunan pelaporan
pengujian, maka setiap anggota dalam sebuah tim penguji akan mengerti aliran
dari sebuah proses pengujian.
3. Memantau Hasil Pengujian (Tracking Results)
Ketika kita sudah memulai sebuah proses pengujian aplikasi,
kita akan menemukan beberapa error, bug, defect, dan sebagainya. Sehingga tim
penguji membutuhkan cara untuk menyimpan, mengorganisir dan mendistribusikan
informasi tersebut kepada semua anggota tim penguji. Tim juga akan membutuhkan
cara untuk menjaga tim agar tetap mendapat informasi status dari sebuah proses
pengujian. Oleh karena itu, dalam sebuah pengujian dibutuhkan pemantauan hasil
(tracking results).
4. Menentukan Area Pengujian (Environment Test)
Menentukan area pengujian disini diartikan sebagai pembagian
wilayah kerja dari sebuah tim, misalkan sebuah tim penguji dibagi menjadi tiga
area pengujian yaituWEB server, database server, dan application server.
5. Pengujian Kegunaan Aplikasi (Usability Testing)
Dalam tahap usability test ini kita akan mencoba meneliti
tiga aspek yang berkaitan dengan user’s experience diantaranya adalah :
Apakah WEB application tersebut memiliki desain antarmuka
yang konsisten?
Seberapa mudahkah navigasi dari WEB application tersebut?
Apakah feed back yang diberikan WEB application tersebut
sesuai dengan keinginan pengguna?
6. Pengujian Unit (Unit Testing)
Unit testing ini merupakan pengujian yang hanya fokus pada
beberapa bagian kecil dari fungsionalitas WEB application. Misalnya menguji
kebenaran dari penyimpanan data setelah pengguna menekan tombol “submit”.
7. Pengujian Kode HTML
Pengujian kode HTML ini bertujuan untuk menguji apakah
aplikasi tersebut dapat dijalankan pada bermacam-macam browser, resolusi layar
dan OS yang berbeda. Pengujian ini dapat dilakukan melalui
http://validator.w3.org.
8. Load Testing
Pengujian ini dimaksudkan untuk mengukur seberapa lamakah
sebuah halamanWEB application di-load kedalam browser milik pengguna. Pada
umumnya, sebuah halaman dapat di-load kurang dari 15 detik.
9. User Acceptance Testing
Dengan melakukan pengujian ini, tim akan mengetahui apakah
WEB applicationtersebut sudah memiliki fungsi yang sesuai dengan keinginan
pengguna atau belum. Pengujian ini dapat dilakukan dengan menguji aplikasi
versi Beta.
10. Pengujian Keamanan (Security Testing)
Tahap ini merupakan tahap akhir yang penting untuk
mengetahui apakah WEB application tersebut sudah memiliki sistem keamanan yang
baik atau belum. Kita juga harus menguji apakah WEB application tersebut aman
terhadap serangan dari dalam maupun luar sistem.
Dampak Ekonomi dari Pengaruh Web yang terdiri dari
Periklanan, Penjualan Online, dan Lelang
Apa itu iklan?
"Iklan adalah komunikasi non personal informasi
biasanya dibayar dan biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide
oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai media." Manfaat iklan yang
terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada
khalayak ramai.
Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak
atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.
Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan
jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti kran dan majalah atau di
tempat-tempat umum.
Beberapa dampak dalam bidang ekonomi dari periklanan antara
lain:
1. Dampak terhadap
produk
Kepercayaan terhadap produk meningkat dan memperkuat daya
beli konsumen sehingga pabriknya harus memproduksi lebih banyak lagi untuk
memenuhi selera konsumen.
2. Dampak terhadap
Media
Media akan mendapat keuntungan , karena pengiklan
(melaluibiro iklan) memesan ruang dan waktu yang dimiliki oleh media untuk
digunakan bagi penyebaran pesan tentang produknya.
3. Dampak terhadap
Perusahaan.
Dengan periklanan maka banyak orang mengenal nama pabrik,
bagaimana cara bekerjanya, kemajuanmanagemennya, siapa sebenarnya menjadi otak
dibalik kesuksesan, perkembangan perburuhan, teknologi yang digunakan.
4. Dampak terhadap
para pesaing
Dengan adanya iklan suatu perusahaan akan mengakibatkan
pabrik lain akan berusaha memproduksi barang yang sejenis ataupun substitusi
lainnya.
5. Dampak terhadap
Konsumen.
Konsumen
mempunyai pilihan yang lebih banyak dan bervariasi terhadap produk yang sama
maupun substitusi.
6. Dampak terhadap
Bisnis dalam Masyarakat.
Iklan
mengakibatkan terbentuknya suatu jaringan bisnis apakah itu jaringan bisnis
baru maupun memperluas jaringan bisnis yang lama. Semuanya berdampak pada
pemerataan pendapatan.
7. Dampak
kepentingan Produksi Massal.
8. Dampak Terhadap
Nilai suatu Produk
Periklanan mempunyai dampak terhadap nilai suatu produk
karena :
a. Periklanan
dapat memperlihatkan penggunaan suatu produk tertentu.
b. Periklanan
dapat menambah nilai yang lebih positip .
c. Menambah nilai
ekonomi untuk barang maupun jasa tertentu dalam pandangan konsumen
9. Dampak pada
Harga
Menambah
nilai suatu produk maka dampak berikutnya adalah penambahan biaya iklan untuk
produk itu pada media.
Apa itu Penjualan Online?
Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari
mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan
jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai
penghubung dengan jaringan internet.
Pengaruhnya:
- Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun
membeli produk dan jasa secara online sehingga tidak ada hambatan sekalipun
jarak itu antar negara.
- Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti
dengan menjual barang dan jasa via online.
- Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan
produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada
aspek jenis produksi.
Pemasaran Online
Pengertian pemasaran online dengan kata yang cukup mudah,
adalah strategi atau metode untuk mengenalkan konsumen/publik dengan
brand/produk/jasa sebuah perusahaan/bisnis. Pemasaran online atau disebut juga
sebagai internet marketing atau sebagian orang menyebutnya iklan online. Dalam
hal ini medium yang kita pakai adalah internet. Hal yang paling sederhana yang
harus diingat adalah, bagaimana berinovasi terus menerus agar produk/jasa anda
dapat lebih mudah ditemukan di internet.
Apa itu Pencarian?
Mungkin yang dimaksud disini adalah sikap pencarian dalam
hal teknologi seperti perilaku Sosial dalam dunia maya.
Perilaku Pencarian
Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu
pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk
pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam
pemanfaatan situs.
dengan adanya IP address yang mengakses web tersebut dapat
menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat, contohnya
seseorang yang sering mengakakses situs belanja online akan mempunyai gaya
hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah.
Web mempengaruhi perilaku sosial
Ada dua dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif dan
dampak negatif.
Dampak Positif:
1. Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
2. Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan
waktu
3. Mudah mencari informasi serta berbelanja / bertransaksi
online pun dapat dilakukan.
Dampak Negatif :
1. Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. Adanya plagiatisme
3. Munculnya pencurian/hack
4. Munculnya banyak konten-konten dewasa yang seharusnya
tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh
komputer itu sendiri
Auctioning dalam pencarian dan online auctions
"Auctioning yang berarti melelang dan auctions adalah
lelang"
Lelang Online
Harga yang ditawarkan dalam hal ini justru semakin naik,
yang ditawarkan oleh calon-calon pembeli yang berminat terhadap barang
tersebut. lelang bisa digunakan sebagai sebuah bisnis.
Keuntungan - keuntungan antara lain sebagai berikut :
1. Tidak Terbatas oleh Waktu.
Dengan lelang online, Anda dapat melakukan penawaran
kapanpun Anda mau, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
2. Tidak Terbatas oleh Tempat.
Anda tidak perlu melihat wajah saingan saingan yang ikut
menawar item favorit Anda, karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua
yang berbeda, tentunya selama tempat tersebut terjangkau Internet.
3. Jumlah Penawar yang Besar.
Lelang online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua
manusia di dunia berpartisipasi.
4. Jumlah Penjual yang Besar.
Dengan adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga
memicu penjual untuk memasang barangnya, tentunya ini harus didukung oleh
kemudahan-kemudahan yang disediakan pada website yang bersangkutan.
5. Jaringan Ekonomi.
Hal ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan
persediaan, menjadikan sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.
DAFTAR PUSTAKA
http://nadiasafarah.blogspot.com/2017/04/proses-analisis-web-dan-parameter.html
http://lintartamara.blogspot.co.id/2013/04/analisis-web-pengukuran-web-crawler.html
http://mukhaj69.blogspot.co.id/2017/04/proses-analisis-web-beserta-parameter.html
http://sartikadewimulyani.blogspot.com/2017/05/dampak-ekonomi-dari-pengaruh-web-yang.html
http://pengertian-iklan.blogspot.com/
http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/06/30/definisi-iklan-manfaat-tujuan-beriklan-473616.html
http://basic-advertising.blogspot.com/2009/06/fungsi-tujuan-dan-dampak-periklanan.html
http://blogsida2008.blogspot.com/2013/06/dampak-ekonomi-dan-pengaruh-web_16.html
http://nunuu17.blogspot.com/2014/06/web-dan-perilaku-pengguna-dari-sisi.html
http://ssi.scriptintermedia.com/view.php?id=693&jenis=ITKnowledge
Tidak ada komentar:
Posting Komentar