Selasa, 22 Oktober 2019

PENULISAN PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA 







Nama  :    Muhammad Ilham Friansyah
NPM    :    54416932
Kelas   :    3IA12
Tugas  :    Pertama
Dosen :    Dr. Siti Saidah,Skom.,MMSI.






FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA
2019

RINGKASAN PENULISAN ILMIAH

          Pada semester 6 kemarin saya mendapatkan tugas untuk membuat penulisan ilmiah sebagai salah satu syarat untuk kelulusan. Judul dari penulisan ilmiah yang buat adalah “MARKET PLACE UNTUK JUAL BELI CUPANG DENGAN TAMBAHAN SISTEM LELANG”, dengan dosen pembimbing Bapak Ruddy J. Suhatril, Dr. SKom., M.Sc..
Saya menggunakan judul tersebut dikarenakan banyaknya akun – akun dan komunitas – komunitas penjual maupun pecinta ikan cupang yang dibanned oleh Facebook dan Instagram tak terkecuali. Disini saya menggunakan software Android Studio.

          Disini saya menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC), yang mana SDLC adalah pendekatan bertahap untuk melakukan analisa dan membangun rancangan sistem dengan menggunakan siklus yang spesifik terhadap kegiatan pengguna. Berikut ini adalah penjelasan proses tahapan SDLC, yaitu :

1.    Perencanaan
Fase perencanaan adalah sebuah proses dasar untuk memahami mengapa sebuah sistem harus dibangun. Pada fase ini diperlukan analisa kelayakan dengan mencari data atau melakukan proses information gathering kepada pengguna.
2.    Analisa
Fase analisa adalah sebuah proses investigasi terhadap sistem yang sedang berjalan dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pengguna sistem, cara kerja sistem dan waktu penggunaan sistem. Dari proses analisa ini akan didapatkan cara untuk membangun sistem baru.
3.    Rancangan
Fase perancangan merupakan proses penentuan cara kerja sistem dalam hal architechture design, interface design, database dan spesifikasi file, dan program design. Hasil dari proses perancangan ini akan didapatkan spesifikasi system.
4.    Implementasi
Fase implementasi adalah proses pembangunan dan pengujian sistem, instalasi sistem, dan rencana dukungan sistem.

Kelebihan dari aplikasi marketplace yang saya buat ;

1.    Bisa menggunakan sistem lelang,
2.    Apabila pembeli membatalkan pembelian dengan menggunakan sistem lelang, pembeli didenda sebesar Rp. 20.000,
3.    Aplikasi yang saya buat menggunakan sistem pihak ketiga seperti e-commerce pada umumnya yang membuat marketplace aman apabila terjadi penipuan terhadap salah satu pihak,
4.    Seperti pada umumnya terdapat fitur chatting untuk berkomunikasi antar penjual dan pembeli.

Alasan suatu penulisan ilmiah berjalan cepat atau lambat yang utama adalah kembali ke pembuat penulisan ilmiah itu sendiri apabila rajin dan tekun dalam mengerjakan penulisan ilmiah maka penulisan ilmiah tersebut akan cepat selesai begitu juga sebaliknya. Faktor lainnya adalah seberapa rumit aplikasi yang dibuat oleh seorang mahasiswa tersebut juga mempengaruhi cepat lambatnya penulisan ilmiah. Dan juga faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya pengerjaan penulisan ilmiah adalah dosen pembimbing mahasiswa, yang mana mudah untuk ditemui untuk bimbingan atau tidak.

          Persiapan promosi yang saya gunakan dalam aplikasi saya adalah
1.    Interface yang mudah digunakan meskipun untuk pemula sekalipun
2.    Sistem lelang yang bisa diatur lama durasi lelang yang dilakukan
3.    Membuat kedua belah pihak merasa aman apabila terjadi penipuan dengan sistem pembayaran melalui pihak ketiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar