PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
Nama : Muhammad
Ilham Friansyah
NPM : 54416932
Kelas : 4IA12
Tugas : Kedua
Dosen : Dr.
Siti Saidah,Skom.,MMSI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA
2019
Media
Promosi Berbasis TI
Di era globalisasi sekarang ini, teknologi
informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi,
kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global.
Informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang menjadi senjata pokok untuk membangun negara.
1. Pengertian
Media Promosi
Media adalah segala bentuk dan saluran yang
digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata pesan berasal dari kata
latin, merupakan bentuk jamakn dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut
mempunyai arti “perantara” atau “pengantar”, yaitu perantara sumber pesan
dengan penerima pesan. Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau
sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada
khalayak. Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau
jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau
mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan
kenaikannya angka penjualan.
Dapat disimpulkan, media promosi adalah sarana
yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa/image/perusahaan
ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Dimana
dengan promosi ini diharapkan seseorang bisa mengetahui, mengakui, memiliki,
dan mengikatkan diri pada suatu barang/jasa/produk/image/perusahaan yang
menjadi sasarannya. Salah satu bagian penting dari promosi adalah menentukan
media promosi yang paling tepat. Misalnya Surat Kabar, Televisi, Radio,
Majalah, dan lain - lain. Tentunya media - media promosi tersebut mempunyai
kekurangan serta kelebihan. Secara umum tujuan dari promosi penjualan :
1. Meningkatkan
permintaan dari para pemakai industrial dan/atau konsumen akhir.
2. Meningkatkan
kinerja perusahaan
3. Mendukung
dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan
2. Media
Sosial Sebagai Sarana Promosi
Periklanan digital mulai menjadi tren di era
internet. Para pemilik merek mulai menjadikan media digital sebagai media
promosi dan pemasaran yang baru. Pada dasarnya media sosial telah mengubah
bagaimana konsumen berinteraksi dan bagaimana perusahaan memasarkan produk.
Adanya situs jejaring sosial menjadi peluang usaha yang baik untuk memasarkan
atau mempromosikan produk yang akan dijual.
Kelebihan yang terdapat dalam pemasaran
melalui sosial media diantaranya sebagai sarana berkomunikasi dengan konsumen,
sebagai media berkolaborasi apabila adanya ketidakpuasan konsumen, sebagai
media promosi, dan membangun merek. Dalam menciptakan persepsi dalam pemikiran
konsumen mengenai suatu produk, jasa atau brand, dibutuhkan pemikiran yang
matang akan media promosi apakah yang cocok dan efektif, agar persepsi dan
image yang ingin disampaikan dapat melekat kuat dibandingkan produk, jasa atau
brand lainnya yang sejenis.
Banyak media promosi yang dapat digunakan dari
mulai yang umum hingga unik atau baru, hingga kini dimanfaatkan sebagai media
promosi, yang ternyata cukup efektif dalam memperoleh calon konsumen baru. Ada
beberapa bidang yang dapat menggunakan media sosial untuk memperkenalkan
produk/jasa/ brand mereka. Maraknya penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia
ini dilirik oleh pemilik bisnis atau perusahaan untuk memasarkan produk atau
jasanya.
Iklan yang dulunya hanya kita lihat di media
konvensional seperti televisi, radio, surat kabar atau majalah sekarang telah
menyebar ke dunia media sosial. Media sosial saat ini telah dijadikan platform
untuk memasarkan produk dan telah digunakan oleh brand brand terkemuka di dunia
seperti Starbucks, Nike, Dell dan lain sebagainya. Pemasaran melalui media
sosial ini disebut social media marketing. Berdasar Optima Web2 , social media
marketing adalah upaya pemasaran online dengan menciptakan visibilitas,
eksistensi dan keberadaan sebuah situs web pada social media network (jaringan
media sosial) seperti Facebook, Twitter, Instagram bahkan Youtube sekalipun.
Singkatnya social media marketing adalah upaya
pemasaran yang menggunakan media sosial sebagai salurannya. Salah satu media
sosial yang populer digunakan dalam social media marketing adalah Instagram.
Instagram merupakan aplikasi photo-sharing yang sedang digandrungi belakangan
ini. Instagram memiliki kekuatan di bidang visual. Kelebihan Instagram sebagai
alat pemasaran adalah Instagram dapat menyampaikan pesan dari suatu brand
melalui foto/gambar atau video berdurasi 15 detik. Instagram kini tidak lagi
hadir sebagai selfie-platform atau media bersosialita dunia maya semata, akan
tetapi telah menjadi alternatif baru dalam melancarkan aksi pemasaran.
Menurut saya, fungsi dan peran media social terutama
instagram ini mengubah cara seseorang berkomunikasi yang semula satu dan dua
arah, kini menjadi segala arah. Ini juga dapat menjadi saluran penting retailer
untuk berhubungan dengan opini konsumen dan bagaimana cara mengajak khalayak
umum untuk memecahkan masalah mengenai produk baru dan layanan.
Promosi melalui instagram efektif dalam
menstimulasi attention (perhatian), tetapi instagram masih belum efektif pada
tahap interest (ketertarikan), desire (keinginan), dan action (tindakan). Media
instagram sangat cocok untuk menarik perhatian pengguna instagram sehingga
pengguna instagram mengetahui berbagai informasi khususnya mengenai promosi
dari sebuah produk tetapi untuk tindakan pembelian masih kecil kemungkinan
untuk seseorang melakukan membeli pada produk promosi yang diinformasikan.
Faktor untuk melakukan tindakan pembelian tidak hanya dari media instagram saja
tetapi bisa dari media lainnya.
Berikut beberapa orang yang memanfaatkan Instagram
sebagai media promosi :
Seperti
akun rifanyhijab yang mempromosikan dagangan hijabnya di Instagram,
Akun
heloobang yang mempromosikan sepatu,
Dan
akun salablecleaner yang mempromosikan produk pembersih sepatunya.
Daftar
Pustaka
https://www.instagram.com/salablecleaner/?hl=id
https://www.instagram.com/heloobang/?hl=id
https://www.instagram.com/rifanyhijab/?hl=id
http://septiyandi16.blogspot.com/2015/11/strategi-promosi-dan-media-promosi.html
http://dr-niken.blogspot.com/2010/11/media-promosi.html
http://farhan2995.blogspot.com/2016/11/media-promosi-berbasis-it.html
https://www.kompasiana.com/putrynadiasafira3957/5b4df89f6ddcae2eb669c112/media-sosial-sebagai-media-promosi-baru-dalam-usaha-kuliner?page=all
Tidak ada komentar:
Posting Komentar